Rabu, 26 November 2014

Proses Pengambilan Keputusan

Pengambilan Keputusan

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan lepas dari suatu masalah atau peristiwa yang membutuhkan pengambilan keputusan-keputusan yang tepat. peristiwa yang biasa kita temui mungkin tanpa kita sadari dapat menjadikan suatu proses kita belajar dalam pengambilan keputusan baik yang kecil, atau bahkan tanpa kita sadari kita mengambil keputusan yang sulit. sebenarnya hal ini adalah salah satu proses kita dalam melakukan tindakan alternatif dalam mencapai tujuan yang kita kehendaki.
Oleh karena itu, ada sedikit tips dalam melakukan pembelajaran dalam pengambilan keputusan-keputusan yang tepat dalam kondisi-kondisi yang berbeda. tapi sebelum itu kita perlu tau dulu apa itu sebernarnya pengambilan keputusan.
Menurut Turban, 2005 Pengambilan keputusan adalah pemilihan beberapa tindakan alternatif yang ada untuk mencapai satu atau beberapa tujuan yang telah diterapkan.
dan Menurut Simon, 1980 mengatakan bahwa pada dasarnya pengambilan keputusan merupakan suatu bentuk pemilihan dari berbagai alternatif tindakan yang mungkin dipilih, yang prosesnya melalui mekanisme tertentu dengan harapan akan menghasilkan suatu keputusan yang terbaik.
Sedangkan menurut Kuswardani,2006 Pengambilan keputusan adalah seorang individu yang tidak merasa puas dengan situasi yang ada atau dengan prospek situasi mendatang dan yang mempunyai otoritas untuk berinisiatif dalam mengambil langkah untuk menanggulangi keadaan tersebut.

berikut proses tahapan pengambilan keputusan


Pengambilan keputusan meliputi empat tahap yang saling berhubungan dan berurutan (Simon, 1980). Empat proses tersebut adalah :
  1. Intelligence
    Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses, dan diuji dalam rangka mengidentifikasi masalah.
  2. Design
    Tahap ini adalah proses menemukan, mengembangkan, dan menganalisis alternatif tindakan yang bisa dilakukan. Tahap ini meliputi proses untuk mengerti masalah yang dihadapi, mengurutkan solusi yang dicari, dan menguji kelayakan solusi tersebut.
  3. Choice
    Pada tahap ini dilakukan proses pemilihan diantara berbagai alternatif tindakan yang mungkin akan dijalankan. Tahap ini meliputi pencarian, evaluasi, dan rekomendasi solusi yang sesuai untuk model yang telah dibuat. Solusi dari model merupakan nilai spesifik untuk variabel hasil pada alternatif yang dipilih.
  4. Implementation
    Tahap implementasi adalah tahap pelaksanaan dari keputusan yang telah diambil. Pada tahap ini diperlukan untuk menyusun serangkaian tindakan yang terencana, sehingga hasil keputusan dapat dipantau dan disesuaikan apabila diperlukan perbaikan.
  Dari keempat proses tahapan tersebut diatas, kita bisa memahami situasi atau keadaan yang kita hadapi, dan kita bisa menggunakannya dalam pengambilan keputusan yang menurut kita paling tepat.

Demikian beberapa tahapan yang mungkin bisa diterapkan, semoga bisa berguna dalam pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar